Home / NEWS / BAKUMSU: Wujudkan Pilkada Bermartabat Menuju Pemerintahan Bersih dan Tata kelola SDA Berbasis Keadilan Ekologi.

BAKUMSU: Wujudkan Pilkada Bermartabat Menuju Pemerintahan Bersih dan Tata kelola SDA Berbasis Keadilan Ekologi.

WhatsApp Image 2018-03-24 at 15.32.02

(Medan, 24 Maret 2018) Bakumsu melaksanakan Konferensi Pers dengan judul “Wujudkan Pilkada Bermartabat Menuju Pemerintahan Bersih dan Tata kelola SDA Berbasis Keadilan Ekologi”. Konferensi pers yang dilaksanakan di de’Kongkow Café, jalan Harmonika Padang Bulan Medan membahas terkait pilkada 2018. Adapun sebagai pemantik dalam konferensi ini adalah Saurlin Siagian (Ketua Pengurus Bakumsu), Manambus Pasaribu (Sekretaris Eksekutif Bakumsu) dan Suryati Simanjuntak (Bendahara Bakumsu).

Melalui konferensi ini, Bakumsu coba menguraikan konflik-konflik tanah yang terjadi di Sumatera Utara. Menurut data yang dihimpun sepanjang 2017 BAKUMSU mencatat korban kekerasan dan kriminalisasi sebanyak 114 orang sementara itu terdapat 24 kasus konflik tanah yang muncul ke permukaan dengan luas lahan mencapai ± 27.500 ha dan melibatkan ± 4.000 KK. Pola pendekatan birokrasi daerah yang menempatkan diri sebagai perpanjangan tangan negara sebagai penguasa absolut SDA dan praktek penegakan hukum yang masih cenderung menempatkan diri sebagai satuan pengamanan korporasi, menjadi penyumbang angka konflik agraria, kekerasan dan kriminalisasi.

BAKUMSU memandang bahwa pilkada serentak gubernur dan bupati/walikota di 8 daerah di Sumut merupakan momentum penting dalam rangka memastikan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan perbaikan tata kelola SDA dan penyelesaian konflik agaria. Sebagai sebuah organisasi yang fokus terhadap penguatan masyarakat sipil dan hak asasi manusia (HAM). (Pri)

WhatsApp Image 2018-03-24 at 15.58.33

cetak

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top